APBD Tak Cukup Bangun Lebong

APBD Tak Cukup Bangun Lebong

\"A_APBD_2\"TUBEI,BE - Mantan Bupati Lebong tahun 2005-2010 lalu yakni Drs H Dalhadi Umar BSc MSi mengungkapkan, untuk membangun Kabupaten Lebong tidak bisa hanya mengandalkan APBD saja. Mengingat dana dari APBD untuk Lebong masih tergolong kecil, tidak cukup untuk membangun Lebong untuk maju. Dikatakannya upaya pencarian dana ke pemerintah pusat seharunya dilakukan oleh seluruh elemen pemerintahan baik dari eksekutif maupun dari legislatif.

\"Upaya pencarian dana tambahan diluar APBD namun resmi harus di lakukan semua pihak dipemerintahan,\'\' kata Dalhadi.

Tujuannya jelas untuk membangun Lebong, kalau hanya mengandalkan APBD tentu saja tidak mencukupi. Bisa kita lihat dalam 1 Tahun DAU dan DAK yang diterma Lebong antara Rp 300- Rp 400 miliar. Sedangkan untuk kebutuhan gaji pegawai masih masuk dalam DAU. Agar percepatan pembangunan bisa dilakukan harus ada upaya menambah dana pembangunan ini.

\'\'Tentunya Dewan bisa berperan untuk mencari tambahan dana tersebut karena Anggota Dewan memiliki perwakilan dipusat, tentunya ini bisa di manfaatkan,\" jelas Dalhadi yang saat ini sebagai anggota DPRD Provinsi Bengkulu.

Ditambahkan Dalhadi, untuk pembangunan Lebong bisa juga dilakukan dengan melibatkan investor. Untuk melibatkan investor tersebut harus bisa meyakinkan mereka untuk melakukan investasi di Lebong.

\"Investor ini bisa sangat membantu untuk kemajuan Lebong, yakinkan mereka untuk mempergunakan dananya di Lebong. Tapi, investor yang diajak kerjasama yang memiliki modal dan relasi ke pusat, sehingga mereka juga dapat mencari dana. Jangan pula investor yang kita pakai hanya bertujuan untuk mengeruk dana dari Lebong,\" kata Dalhadi.

Selain masalah pendanaan, Dalhadi juga mengatakan agar dalam melakukan pembangunan, pemerintah daerah terlebih dahulu melakukan perencanaan yang matang, sehingga pembanguan yang dilakukan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Lebong.

\"Perencanaan sangat penting untuk pembangunan, kalau perencanaan tidak jelas maka hasil juga tidak akan nyata. Program yang biuat juga diupayakan agar bisa menyentuh masyarakat sehingga terjadi peningkatan taraf Hidup masyarakat. Tujuan pemerintahan kan untuk meningkatkan taraf hidup warganya melalui pembanguan dan program yang di buat,\" pungkas Dalhadi. (777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: